Etiquetas

Petualangan di Dunia Digital
6:26 PM | Author: Mr.Xu

DuniaDigital

Disadari atau tidak, diterima atau tidak, kita sebenarnya terperangkap dalam sebuah kehidupan ‘Dunia Digital’. Dunia yang ditandai dengan dua keadaan yang saling berlawanan, yaitu keberadaan akan kehidupan dan kematian, keberadaan akan adanya keberuntungan dan kerugian, keberhasilan dan kegagalan, sehat dan sakit, senang dan sedih, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Dalam sistem digital hanya dikenal dua buah bilangan yaitu 1 (hidup/lampu menyala) dan 0 (mati/lampu padam). Pada kondisi 1, berarti sirkuit dialiri arus listrik (current) atau mempunyai tegangan (voltage) , sedangkan pada kondisi 0, artinya bahwa sirkuit tidak mengandung arus maupun tegangan. Sistem bilangan dimana hanya ada 2 jenis bilangan yaitu 1 dan 0 sering disebut juga sistem bilangan berbasis dua atau ‘bilangan biner’. Bilangan berbasis dua inilah yang digunakan dalam setiap formulasi pemecahan sistem digital.

Dalam dunia digital terdapat filosofi bahwa setiap kehidupan pasti terdapat aliran yang menandai adanya pergerakan dari suatu kondisi ke kondisi lainnya atau singkatnya adalah setiap kehidupan pasti mengalami perubahan. Dan setiap perubahan pasti menimbulkan konflik atau ketegangan-ketegangan. Sebaliknya dalam setiap kematian tidak akan pernah ditemukan adanya konflik atau ketegangan. Kematian adalah kekal, dia berawal tetapi tidak berakhir. Manusia dikatakan mati karena memang dia pernah hidup, tetapi kehidupan manusia tidaklah berasal dari kematian. Hidup dan mati bukanlah proses yang dapat berbalik arah. Kehidupan dan kematian adalah tiket sekali jalan. Begitu kita memilih sutu jurusan, maka kita tidak akan pernah kembali ke keadaan semula.

Bilangan Desimal dan Bilangan BinerDuniaDigital2

Bilangan bebasis 10 atau bilangan desimal adala h bilangan yang terdiri dari angka-angka 0,1,2,…., dan 9, sedangkan bilangan berbasis 2 atau biner hanya terdiri atas angka 0 dan 1. Untuk mengetahui kesetaraan kedua sistem bilangan ini, kita dapat mempelajari contoh sebagai beikut :

Berapakah bilangan biner dari 9 ?

Angka 9 kita bagi 2 hasilnya adalah 4, sisa 1, 4 dibagi 2 hasilnya 2, sisa 0, 2 dibagi 2, sisa 0 hasilnya 1, maka bilangan biner(9) = 1001.

Berapakah bilangan biner dari 8 ?

Angka 8 dibagi 2 sisa 0 hasil 4, 4 dibagi 2 sisa 0 hasil 2, 2 dibagi 2 sisa 0 hasil 1, maka bilangan biner (8) = 1000.

Operasi sistem Digital

DuniaDigital3 Seperti halnya bilangan desimal, dalam bilangan biner pun dapat diberlakukan operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

1x1 = 1, 1x0 = 0 dan 0x1 = 0, 0x0 = 0.

Dalam dunia digital, 1 dan 0 adalah sebuah pilihan. Jika kita memilih 1 untuk hidup, maka kita akan dihadapkan pada sebuah pilihan. Jika kita beruntung (x1), maka kita akan mendapatkan 1, yaitu keberhasilan dan jika sedang bernasib sial (x0) maka kita akan mendapat 0 atau kegagalan ( 1x1=1 dan 1x0=0 ). Tetapi jika kita memilih 0 yang berarti kematian, maka keberuntungan (x1) maupun ketidak-beruntungan (x0) sudah tidak akan didapatkan, karena setelah mati kita tidak akan mendapatkan kesempatan ( 0x1=0 dan 0x0 = 0 ).

Keberhasilan (1) akan membangkitkan pilihan baru yaitu proses kebaikan (1) maupun proses keburukan (0). Tetapi jika kita gagal (0) sebaiknya proses tidak usah diteruskan karena hasilnya adalah kegagalan yang baru ( 0 x 0 = 0 ). Kegagalan bukan berarti kita lalu berputus asa (0), kita harus kembali ke titik awal (1) dengan semangat yang baru. Jika kita mau belajar dari kegagalan sebelumnya (0), maka dengan sangat mudah hanya ada satu pilihan, yaitu keberhasilan (1). Artinya bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, karena begitu anda kembali ketitik awal dan tidak ingin melakukan lagi kesalahan yang sama, maka hanya ada satu kemungkinan yaitu keberhasilan(1).

Tegangan Listrik (voltage) yang ada dalam suatu sirkuit digital, berapa pun besarnya dapat dinyatakan dengan bilangan biner. Misalnya, tegangan 9 Volt adalah setara dengan bilangan biner 1001. Artinya betapapun besarnya konflik atau masalah yang dihadapi seseorang, masalah itu hanyalah terdiri dari rangkaian 1 dan 0, atau suatu ketegangan bisa diselesaikan atau tidak, tergantung dari kita membuat keputusan dari serangkaian pilihan (1001 = berhasil – gagal – gagal –berhasil ).

Di dalam dunia digital tidak dikenal istilah keragu-raguan. Karena jika kita ragu-ragu berarti perubahan akan berhenti. Itu sama saja dengan kita memilih untuk mati (0). Keragu-raguan tidak akan menyelesaikan masalah, tetapi hanya menunda masalah, karena seberapa lama pun kita menunda untuk membuat keputusan, keputusan itu harus tetap diambil juga. Lebih baik kita mengalami kegagalan daripada memilih kematian , karena dengan kegagalan kita masih bisa kembali ke titik semula dimana kita hanya memiliki satu pilihan yaitu keberhasilan.

Digital Gate = Gerbang DigitalDuniaDigital4

Selain operasi bilangan, bilangan biner juga bisa dimanipulasi dengan operasi logika. Operasi logika adalah sebuah operasi sebab dan akibat dari sebuah pilihan. Dalam operasi logika kita mengenal AND, OR, NAND, dan NOR. Operasi logika adalah oprasi bilangan yang biasanya menggunakan ungkapan “ Jika …. , Maka…. “

AND dan OR adalah operasi logika positif, sedangkan NAND atau NOR adalah operasi logika negatif.

AND

Jika 1 dan 0, maka hasilnya adalah 1 (1 AND 0 = 0)

Jika 1 dan 1, maka 1 (1 AND 1 = 1)

Jika 0 dan 0, maka 0 (0 AND 0 = 0)

Dari operasi di atas, maka ‘1’ baru akan dihasilkan jika kedua pilihan bernilai ‘1’. Artinya bahwa, jika sebuah kelompok sedang bekerja, maka ‘Keberhasilan kelompok sangat ditentukan oleh kinerja positif dari masing-masing anggotanya’ .

OR

Jika 1 atau 0, maka hasilnya adalah 1 ( 1 OR 0 = 1 )

Jika 1 atau 1, maka hasilnya adalah 1 ( 1 OR 1 = 1 )

Jika 0 atau 0, pasti hasilnya adalah 0 ( 0 OR 0 = 0 )

Dalam operasi ‘OR’, nilai ‘1’ akan dihasilkan jika salah satu pilihannya adalah 1, Artinya bahwa, ‘Selama masih ada kesempatan , keberhasilan pasti akan kita dapatkan’.

NAND dan NOR

Kedua operasi ini adalah operasi yang pesimis. Sifatnya adalah kebalikan dari gerbang AND dan OR.

Kesimpulannya adalah :

“ Hidup adalah sebuah pilihan. Jika kita memilih untuk hidup maka kita masih akan mendapatkan kesempatan untuk memilih. Jika kita masih memiliki pilihan berarti kita sedang menggenggam kebebasan . Jika kebebasan ada di tangan kita, maka hidup adalah keindahan “.

“ Janganlah takut menghadapi kegagalan. Kegagalan adalah sebuah sukses yang tertunda, karena setelah kita gagal kita akan mengetahui bagaimana cara untuk berhasil “.

“ Jika kita berfikir bahwa kita akan berhasil, maka semua tabir kesempatan akan terkuak , jika kita berfikir sebaliknya maka kesempatan akan terkunci rapat-rapat dalam ruang-ruang keraguan dan ketakutan “.

SELAMAT DATANG di DUNIA DIGITAL !

This entry was posted on 6:26 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments:

My Blog List

  • Laughing before it’s illegal - [image: laugh]Don’t be afraid to laugh. Laugh not make you look like a fool or make your authority will go down if you have appropriate reasons. But you ...
    15 years ago
  • TRiMaKaSiH CiNTa - *Dan bila aku berdiri* *Tegar sampai hari ini* *Bukan karena kuat dan hebatku* *Semua karena cinta* *Semua karena cinta* *Tak mampu diriku* *dapat berdiri t...
    15 years ago