Etiquetas

SIRKUIT ELEKTRONIK dalam ANALOGI KEHIDUPAN
8:26 AM | Author: Mr.Xu

Hidup adalah perubahan. Tanpa kehidupan tidak ada besar dan kecil. Tanpa kehidupan anak-anak tidak akan pernah menjadi dewasa. Tanpa kehidupan yang muda mustahil menjadi tua.

Perubahan adalah sahabat keadaan dan waktu. Dengan perubahan kita mengenal perbedaan. Dengan perubahan kita mengerti arti ‘sebelum’ dan ‘sesudah’. Karena sesungguhnya, perubahan adalah perjalanan suatu keadaan mengarungi semua batasan waktu.

Untuk berubah kita memerlukan energi. Tanpa tenaga perubahan tidak pernah akan terjadi. Lalu, bagaimana kita mendapatkan energi untuk berubah ?.

Seperti halnya rangkaian elektronik, dia bekerja memerlukan catu daya (E), dia berfungsi karena ada aliran arus listrik (I) antara kutub positif dan negatif. Sedangkan arus listrik hanya mengalir jika ada perbedaan tegangan (V), dan perbedaan tegangan hanya mampu dibangkitkan jika ada sebuah catu daya. Semakin besar catu daya, maka akan semakin besar arus yang dihasilkan.

Sirkuit

Bagaimana dengan catu daya dalam sirkuit kehidupan ? Yang dapat dijadikan sebagai sumber energi penggerak kehidupan adalah ‘Impian’, ‘Cita-cita’, ‘Keinginan’, ‘Harapan’, atau ‘Tujuan Hidup’. Impian adalah sumber energi perubahan. Tanpa impian tidak akan mengalir arus kehidupan. Tanpa impian tidak akan tercipta keampuhan daya juang. Dengan impian berjuta rintangan maupun rumitnya jalan yang bercabang serasa bunga-bunga kehidupan dan simponi keindahan alam. Dengan impian semua yang terlihat mustahil selalu bisa menjadi kenyataan.

Dalam sirkuit elektronik hanya ada empat jenis komponen dasar, yaitu : tahanan (Resistor), pembagi tegangan (Transistor), penyimpan muatan (Kapasitor), dan penyearah (Dioda).

Fungsi resistor adalah untuk membangkitkan tegangan, seperti fungsi bendungan yang menghambat aliran arus sungai. Jika arus sungai dibendung maka permukaan air sungai semakin lama akan semakin tinggi. Ketinggian inilah yang mampu menghasilkan energi yang sanggup menggerakkan turbin-turbin pembangkit listrik. Ketinggian air inilah yang dalam sirkuit elektronik disebut tegangan (V). Dalam analogi kehidupan, resistor adalah sebuah rintangan kehidupan. Seperti layaknya perjuangan hidup, dia tidaklah indah tanpa adanya suatu hambatan. Karena dengan adanya rintangan, diri kita akan semakin memiliki kekuatan. Karena dengan hambatan kita akan diuji dan akan meningkatkan kemampuan kita untuk berjuang. Resistor kehidupan juga berfungsi sebagai penahan, tahanan yang mampu untuk meredam kemarahan. Dengan tahanan kita mampu mengendalikan diri dari emosi-emosi yang menghancurkan.

Fungsi Kapasitor adalah untuk menyimpan muatan listrik sementara. Bersifat sementara karena kapasitor memiliki batas-batas kejenuhan. Kejenuhan kapasitansi ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan dielektrika untuk menyimpan sejumlah muatan. Sifat kapasitor ini adalah sesuatu yang alami, karena tidak ada makhluk alam ini yang memiliki kemampuan hingga tak terhingga kecuali kekuatan Tuhan. Semua makhluk alam pasti memiliki keterbatasan. Layaknya kapasitor, pikiran kita mampu menyimpan ilmu berdasarkan pengalaman hidup yang dialami. Muatan yang disimpan adalah ilmu pengetahuan , kapasitansinya adalah sebuah kecerdasan. Maka janganlah coba-coba untuk menguasai ilmu pengetahuan hanya untuk diri sendiri, karena jika tidak disalurkan lagi, maka pikiran kita akan menjadi jenuh. Jika kejenuhan sudah menguasai pikiran kita, maka ilmu baru tidak akan mudah untuk masuk. Jika kejenuhan terus menerus dipertahankan maka kapasitor kita akan mengalami kebocoran dan yang lebih parah lagi bisa terjadi eksplosi. Sedikit saja ada lonjakan arus yang masuk ke dalam rangkaian, maka kerja rangkaian akan meledak-ledak dan pada akhirnya dielektrika akan rusak dan kehilangan kemampuannya.

Fungsi Transistor adalah untuk membagi tegangan. Dia berfungsi untuk menentukan seberapa banyak arus yang harus didistribusikan di dalam sebuah rangkaian. Dalam kehidupan, transistor adalah kemampuan menganalisa dan tingkatan rasa keadilan. Hanya mereka yang mampu membaca keadaan, dan hanya mereka yang peka terhadap lingkunganlah yang sanggup memiliki rasa keadilan. Dengan kepekaan dan rasa keadilan, seseorang akan mampu memposisikan diri ditengah-tengah lingkungannya, dan mampu meletakkan orang lain berada dalam keseimbangannya.

Fungsi Dioda adalah untuk penyearah arus. Komponen ini hanya mampu mengalirkan arus dalam satu arah. Fungsi dioda dalam kehidupan adalah sebuah ketegasan dan kemampuan untuk menentukan sikap dalam mengambil keputusan. Jika suatu arah sudah ditetapkan maka dia akan konsekwen pada jalurnya, meskipun bermacam resiko akan dihadapinya. Dia adalah seperti lensa yang memberikan fokus kepada mata hati, agar mampu membawa perubahan sesuai target impian yang telah digantungkan.

Komponen-komponen lain dalam suatu rangkaian elektronik merupakan kombinasi fungsi dari dua atau lebih komponen-komponen dasar tersebut di atas. Seperti halnya kombinasi dari fungsi-fungsi Resistor (‘R) dan Kapasitor (‘C), mampu digunakan untuk memanipulasi variable waktu (RC), seperti pada rangkaian-rangkaian ‘timer’, ‘jam elektronik’, ‘generator frekwensi’ dan sebagainya. Contoh lainnya adalah kombinasi antara Resistor dan Dioda. Kombinasi ini dapat digunakan untuk menciptakan sebuah penyearah arus (Adaptor).

Demikian pula dalam kehidupan nyata. Perjuangan kita dalam menggapai impian, baru akan berhasil jika kita mampu meramu semua unsur-unsur perubahan menjadi sebuah kekuatan. Daya tahan, keuletan, atau kemampuan menahan diri, kecerdasan dan ilmu pengetahuan, kepekaan terhadap lingkungan dan fokus dalam mencapai tujuan serta komitmen, merupakan kunci sukses untuk dapat merubah sesuatu yang hampir mustahil menjadi sebuah kenyataan. Sebuah kekuatan untuk menjadikan impian tidak hanya sekedar angan-angan.

(Don’t stop your dreams….)

This entry was posted on 8:26 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments:

My Blog List

  • Laughing before it’s illegal - [image: laugh]Don’t be afraid to laugh. Laugh not make you look like a fool or make your authority will go down if you have appropriate reasons. But you ...
    15 years ago
  • TRiMaKaSiH CiNTa - *Dan bila aku berdiri* *Tegar sampai hari ini* *Bukan karena kuat dan hebatku* *Semua karena cinta* *Semua karena cinta* *Tak mampu diriku* *dapat berdiri t...
    15 years ago